Selasa, 08 Desember 2009

Tuntunan Sunnah Ketika Bangun Tidur

Inilah waktu ketika membuka mata untuk memulai hari. Hendaknya kita menyadari bahwa ini merupakan nikmat Allah yang sangat besar. Karena Allah subhanahu wata'ala berkenan mengembalikan ruh ke jasad kita setelah Dia mengambilnya selama kita tidur. Artinya Allah berkenan memanjangkan umur kita, memberikan waktu kepada kita untuk mengumpulkan amal shalih, memperbaiki kesalahan dan mengejar kembali apa-apa yang terluput. Tentu saja ini merupakan nikmat yang benar benar harus kita syukuri. Dan bentuk syukur yang selayaknya kita lakukan adalah dengan meneladani sunnah-sunnah Rasululloh shallallahu'alaihi wasallam, di antaranya yaitu:

Biasakan Bangun Pagi-pagi

Yaitu ketika mendengar adzan subuh berkumandang atau kalo bisa sebelumnya. Jangan menunda nunda bangun, terlebih lagi bagi kaum pria yang di wajibkan mengerjakan shalat subuh berjama'ah di masjid. Sesungguhnya seorang yang terlambat bangun di pagi hari telah terluput dari banyak sekali mashlahat dan manfaat serta menyia-nyiakan waktu yang penuh berkah. Sebab Rasulullah shallallahu'alahi wasallam telah memohonkan keberkahan bagi umatnya di waktu pagi. Shakr al-Ghamidi berkata, Rasulullah shallallahu'alahi wasallam bersabda:
"Ya Allah, berkahilah umatku pada pagi harinya." ( HR.Ahmad (IV/4735), Abu Dawud (2606), At-Tirmidzi (1212), dan ia menghasankannya, Ibnu Majah (2236), serta Ibnu Hibban(4735), silahkan lihat kitab shahihul jami' (1300).)

Apabila Rasulullah shallallahu'alahi wasallam mengirim pasukan atau datasemen maka beliau maka beliau melepasnya pagi hari. Dan Shakr (perawi hadist) adalah seorang pedagang. Ia biasa mengirm dagangannya di pagi hari. Dan ia memperoleh keuntungan dan melimpah ruah hartanya.

Dalam riwayat lain di sebutkan dengan redaksi:
"Di berkati ummatku pada pagi harinya." Lihat shahihul Jami' nomor(2841)


Usaplah Wajah Dengan Telapak Tangan Sebelum Beranjak Dari Tempat Tidur

Tujuannya untuk menghilangkan kantuk dan menghapus bekas-bekas tidur. Itulah yang biasa di amalkan Rasulullah shallallahu'alahi wasallam berdasarkan riwayat Ibnu Abbas radhiallahu'anhu, ia berkata:
"Aku bermalam di rumah bibiku Maimunah radhiallahu'anha ,… kemudian Rasulullah shallallahu'alahi wasallam bangun, lalu beliau mengusap wajah dengan tangannya. Setelah itu beliau membaca sepuluh ayat terakhir surat Ali Imraan." (HR.Al-Bukhari (4570) dan Muslim (763).

Mengusap wajah sesudah bangun tidur ini sangat banyak manfaatnya. Banyak kasus orang-orang jatuh di kamar mandi sesudah bangun dari tidur di sebabkan tidak mengamalkan sunnah Nabi ini, wallahul musta'an.


Jangan Lupa Berdo'a

Diantara dzikir yang shahih di riwayatkan dari Rasulullah shallallahu'alahi wasallam adalah:
"- ((اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرِ)).
“Segala puji bagi Allah, yang menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepadaNyalah kami dikumpulkan.”1
(HR.Al-Bukhari (6312) dan Muslim (2710).)
- ((اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ عَافَانِيْ فِيْ جَسَدِيْ، وَرَدَّ عَلَيَّ رُوْحِيْ، وَأَذِنَ لِيْ بِذِكْرِهِ)).
“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan mengembalikan ruhku kepadaku serta mengizinkanku untuk berdzikir kepadaNya.”2
(HR.Tirmidzi (3401) dan ia menghasankannya. Silahkan lihat kitab shahihul jami' (329).)


Bersiwak Dan Cucilah Tangan Tiga Kali

Siwak berfungsi menyegarkan mulut dan menghilangkan bau tak sedap di sebabkan tidur. Ini merupakan bukti ke teladanan Rasulullah shallallahu'alahi wasallam dalam menjaga kebersihan dan kesehatan. Sebagai mana yang di sebutkan dalam hadist:
"Tidaklah beliau tidur kecuali siwak berada di dekat kepalanya. Jika terbangun beliau mulai dengan bersiwak." (HR.Ahmad (II/117). Silahkan lihat kitab shahih al-jami' (4872).)

Demikian pula, bangun tidur jangan lupa cuci tangan tiga kali sebelum sebelum memasukkan tangan ke dalam bejana atau menyentuh benda-benda yang basah atau terhormat. Ini nerupakan adab yang di contohkan oleh Rasulullah shallallahu'alahi wasallam. Karena orang yang tidur kadang-kadang menyeka keringat atau menggaruk badannya. Bahkan terkadang tanpa sadar ia menyentuh kemaluan atau tempat-tempat yang kotor. Oleh karena itu Rasulullah shallallahu'alahi wasallam bersabda dalam sebuah hadist:
"jika salah seorang dari kalian bangun dari tidur, maka janganlah ia menyelupkan tangannya kedalam bejana hingga mencucinya tiga kali. Sesungguhnya ia tidak tahu dimanakah tangannya berada tadi malam." (HR.Al-Bukhari (162) dan Muslim (278).)


Berwudhu' Disertai Intinsyaaq dan Intinsyar Tiga Kali

Intinsyaaq artinya bersungguh-sungguh memasukkan air ke hidung dan Intinsyar adalah mengeluarkannya kembali tiga kali ketika berwudhu. Fungsinya untuk mengusir setan, menghilangkan kantuk dan mengusir rasa malas. Rasulullah shallallahu'alahi wasallam bersabda:
"Jika salah seorang dari kalian bangun dari tidurnya, hendaklah ia berwudhu' dan berintinsyar sebanyak tiga kali, karena sesungguhnya setan bermalam di lubang hidungnya." (HR.Al-Bukhari (3295) dan Muslim (238).)


Jangan Lupa Membereskan Tempat Tidur

Sesungguhnya islam adalah agama yang mengajarkan hidup bersih dan teratur. Dan Allah adalah Dzat yang menyukai keindahan. sulullah shallallahu'alahi wasallam bersabda:
"Allah itu maha indah dan menyukai keindahan." (HR.Muslim (I/65-nomor 275).)

Maka tidak selayaknya seorang muslim meninggalkan tempat tidurnya dalam keadaan acak-acakan, kotor dan berantakan seperti kapal pecah.

Tidak ada komentar:

mari bersama mengembalikan kehidupan Islam.