Jumat, 05 Maret 2010

ITTIBA' SAHABAT RADHIYALLAHU 'ANHUM

Abdullah bin Mas'ud r.a. berkata, "Barangsiapa ingin mengambil cara hidup, maka hendaklah ia mengambil cara hidup orang yang telah meninggal dunia. Sebab orang yang masih hidup tidak aman dari cobaan. Mereka itulah para sahabat Rasulullah saw. Mereka adalah manusia yang paling utama dalam umat ini, hatinya paling taqwa, ilmunya paling dalam, hisabnya paling sedikit, yang dipilih Allah sebagai pendamping Nabi-NYA untuk menegakkan agama-NYA. Maka kenalilah keutamaan mereka, ikutilah jejak mereka, peganglah akhlaq dalam perilaku hidup mereka menurut kesanggupan kalian, sesungguhnya mereka berada pada petunjuk yang lurus." (Hayatush Shahabah I).

Ibnu Mas'ud r.a. pun pernah berkata di hadapan murid-muridnya yang terdiri dari para tabi'in, "Kalian ini ahli ibadah, sehingga ibadah kalian melebihi ibadah para sahabat Rasulullah saw. Tetapi di antara para sahabat Rasulullah saw mereka lebih utama daripada kalian, karena mereka lebih zuhud (tidak mencintai dunia) dan lebih bergairah kepada kehidupan akherat."

Sekarang bagaimana dengan kondisi beragama kita??
Meniru siapakah kita??
Kita yang lemah dalam beribadah, tiap hari membuat dosa, tak pernah mau ambil agama sebagai jalan hidup, mau syurga bagian mana kita??

SEMOGA ALLAH FAHAMKAN KITA AKAN JALAN DIEN INI...AMIN
Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

mari bersama mengembalikan kehidupan Islam.