Jumat, 05 Maret 2010

Tulisan Pagi Hari

Hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairoh r.a. ini dicatat oleh Imam Muslim dalam kitabya ash-Shahih, Rasulullah saw. Bersabda,

“Janganlah kalian saling mendengki, janganlah kalian menawar barang dengan maksud supaya ada orang lain menawarnya lebih tinggi, janganlah kalian saling memarahi, janganlah kalian saling memalingkan muka, janganlah kalian membeli barang yang sedang ditawar oleh lain, jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, dia tidak boleh menganiaya saudaranya, tidak boleh berbohong kepadanya, tidak boleh merendahkannya, Ketaqwaan berada di sini – Rasulullah menunjuk ke arah dadanya tiga kali. Cukuplah kejelekan seseorang apabila dia menganggap rendah saudaranya yang muslim. Harta, darah, dan kehormatan seorang muslim haram (tidak boleh dilanggar) oleh seorang muslim lainnya.”

Hadits ini menerangkan secara menyeluruh tata aturan hubungan antara sesama muslim dan juga hak-hak yang harus dipenuhi seorang muslim kepada sesamanya. Rasulullah saw. tidak hanya menekankan pentingnya arti persaudaraan dalam Islam, beliau juga secara langsung memaparkan hal-hal yang harus dilakukan dan hal-hal yang harus ditinggalkan oleh seorang Muslim, sehingga ajaran beliau menjadi ajaran riil yang bisa dipraktikkan dan dirasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

mari bersama mengembalikan kehidupan Islam.